Gadget

Top 3 Tekno Berita Kemarin: MacBook Air M2, Beasiswa Santri Antar S2 ke Belanda

Top 3 Tekno Berita Kemarin: MacBook Air M2, Beasiswa Santri Antar S2 ke Belanda

Top 3 Tekno Berita Kemarin, Jumat 10 Juni 2022, diawali dari artikel berisi spesifikasi dan harga MacBook Air M2. Apple mengumumkan MacBook dengan chip in-house terbarunya itu dalam perhelatan World Wide Developer Conference (WWDC) 2022.

Di belakangnya adalah artikel tentang 4th SEASIA (Southeast Asia Studies in Asia) Biennial Conference di Jakarta 9-11 Juni 2022. BRIN dan 12 institusi pendidikan dan lembaga riset di Asia membahas dan mencari solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi oleh negara-negara di Asia Tenggara sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Terpopuler ketiga datang dari kisah Syahril, seorang anak petani di Pati, Jawa Tengah, yang berhasil meraih beasiswa santri dari LPDP. Dia akan melanjutkan studi ke jenjang S2 di Wageningen University & Research, Belanda.

Berikut Top 3 Tekno Berita Kemarin, Jumat 10 Juni 2022, selengkapnya,

1. Apple Rilis MacBook Air M2: Berikut Spesifikasi dan Harganya

Dalam perhelatan World Wide Developer Conference (WWDC) 2022 yang baru lalu, Apple secara resmi meluncurkan MacBook Air M2. Macbook Air terbaru ini diklaim Apple akan 1,4 kali lebih cepat daripada MacBook yang menggunakan chip M1.

Dari laman resmi Apple, Air M2 memiliki banyak keunggulan, seperti daya tahan baterai hingga 18 jam, kualitas webcam dan mic yang lebih baik, serta layar dengan Liquid Retina Display. Selain itu, dari sisi keamanan, Air M2 menawarkan MagSafe yang akan membuat pengguna merasa lebih aman saat mengisi daya MacBook.

Di samping itu, Air M2 masih mengusung desain tipis yang menjadi ciri khas dari produk MacBook. Berikut adalah spesifikasi dan harganya.

2. BRIN – SEASIA Bahas Tantangan Pasca-pandemi Covid-19 di Asia Tenggara

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan 12 institusi pendidikan dan lembaga riset di Asia menggelar 4th SEASIA (Southeast Asia Studies in Asia) Biennial Conference di Jakarta, 9-11 Juni 2022. Mereka membahas dan mencari solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi oleh negara-negara di Asia Tenggara sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

“Diperlukan kerja sama yang lebih luas untuk membangun kembali perekonomian dan ketahanan masyarakat kita untuk mencapai keberlanjutan jangka panjang,” kata Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko, saat membuka konferensi yang mengangkat tema ‘Managing Disruption, Developing Resilience for a Better Southeast Asia’ itu, Kamis 9 Juni 2022.

Pandemi covid-19 yang terjadi dua tahun terakhir, menjadikan negara-negara Asia Tenggara menghadapi tantangan terkait dinamika politik, regional, sosial ekonomi, dan budaya. Tantangan ini juga dipicu dari dampak transformasi digital dan diperkuat oleh tren global yang sedang berlangsung, seperti perubahan demografis, urbanisasi yang cepat, peningkatan migrasi internasional, dan ketergantungan yang kuat pada teknologi digital.

3. Kisah Syahril, Anak Petani Wonorejo Raih Beasiswa Santri S2 di Belanda

Muhammad Syahril Imron, anak petani di Dusun Wonorejo, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, berhasil mendapat Beasiswa Santri dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Dia akan melanjutkan studi ke jenjang S2 di Wageningen University & Research, Belanda.

Meski tinggal di desa, Syahril tak pernah patah semangat untuk menempuh pendidikan hingga ke negeri kincir angin itu. Syahril telah dinyatakan lolos seleksi Beasiswa Santri pada 2021. 

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur bisa lolos kuliah di luar negeri dengan dibiayai full oleh pemerintah,” ungkap Syahril seperti dikutip di laman Nadhlatul Ulama Online Jatim pada Jumat, 10 Juni 2022.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.