Health

Benarkah Konsumsi Pil KB Bikin Susah Hamil? Cek Faktanya

Benarkah Konsumsi Pil KB Bikin Susah Hamil? Cek Faktanya

Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Apalagi, jika kehamilan ini sudah dinanti dalam waktu yang lama. Sayangnya, tidak semua perempuan bisa dengan mudah hamil. Ada beberapa perempuan yang harus melakukan berbagai usaha ekstra agar ia bisa hamil dan memiliki buah hati seperti perempuan-perempuan lainnya. 

Mengenai masalah susah hamil, melansir dari laman babycenter.com, ada beberapa penyebab kenapa seseorang susah hamil.

Penyebab Susah Hamil

Penelitian menemukan jika ada beberapa penyebab kenapa seseorang susah hamil. Penyebab tersebut mulai dari pola hidup, pola makan atau bahkan penggunaan alat kontrasepsi. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab susah hamil yang sering terjadi dan penting kita ketahui. 

  • Adanya gangguan ovulasi. Ini meningkatkan pelepasan sel telur tidak normal sehingga membuat susah hamil. 
  • Tuba falopi yang tersumbat.
  • Bentuk rahim yang abnormal sehingga menyusahkan seseorang untuk hamil. 
  • Endometriosis atau  kondisi ketika jaringan yang melapisi rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim.
  • Usia yang sudah terlalu tua atau terlalu muda. Usia produktif perempuan umumnya di atas 17 tahun dan di bawah 35 tahun. 
  • Pola hidup yang tidak sehat, kegemukan atau terlalu kurus. 
  • Masalah kesehatan psikis seperti kecemasan, depresi, stres akut dan khawatir berlebih bisa menurunkan peluang hamil. 
  • Penggunaan alat kontrasepsi selama program hamil akan membuat seseorang hampir tidak mungkin untuk hamil. 

Apakah Konsumsi Pil KB Membuat Susah Hamil?

Saat seseorang menunda kehamilan, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan konsumsi pil KB atau menggunakan alat kontrasepsi lainnya. Namun hal ini sering kali menimbulkan kekhawatirkan akan susah hamil ke depannya setelah lepas dari penggunaan alat kontrasepsi. 

Tidak sedikit orang yang juga khawatir akan susah hamil ketika ia menjalani program KB dengan konsumsi pil KB. Tapi apakah konsumsi pil KB benar-benar bikin susah hamil?

Sejauh ini belum ada penelitian yang menemukan jika konsumsi pil KB dalam waktu jangka panjang berisiko membuat susah hamil bahkan kemandulan. Mom tak perlu khawatir saat mengonsumsi pil KB. Pil KB akan bekerja saat ia dikonsumsi dan tubuh akan kembali normal saat tidak lagi konsumsi pil KB. 

Dibandingkan alat kontrasepsi lain seperti IUD dan Implan, pil KB adalah alat konstrasepsi yang paling mudah mengembalikan kesuburan seseorang dan cukup aman. Semoga informasi ini bermanfaat.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.